4 Tips Jualan Online Untuk Meningkatkan Penjualan

Tingkat penjualan yang terus tumbuh menjadi dambaan banyak pengusaha yang saat ini sedang berjuang untuk
mengembangkan usahanya. Salah satu saluran terbesar yang sekarang menarik
perhatian para pebisnis adalah penjualan online. Saluran ini dianggap sebagai
salah satu saluran masa depan yang perlu dipelihara dengan baik dari berbagai
sisi mulai sekarang.

Bukan rahasia lagi bahwa trik dan
strategi penjualan online juga telah dicoba, dikembangkan dan menunjukkan hasil
yang beragam. Namun, mempersiapkan peluang penjualan online membutuhkan
perencanaan yang tepat agar hasilnya sesuai dengan harapan Anda.

Berikut kami sajikan beberapa
tips memaksimalkan pendapatan penjualan online yang bisa Anda coba dalam bisnis
Anda. Ingatlah untuk menyesuaikannya dengan perusahaan dan bagaimana Anda saat
ini menggunakannya agar tetap relevan dan lebih efektif!

Seleksi Produk Terbaik, dan
Sisihkan Sementara yang Masih Perlu Ditingkatkan

Memilih produk merupakan salah
satu tips mendongkrak penjualan online yang bisa Anda terapkan. Pemilihan ini
dilakukan untuk meningkatkan kinerja produk yang terbukti memiliki pendapatan
yang cukup tinggi untuk mendapatkan keuntungan dari beberapa momentum.

Menjual produk yang perlu
perbaikan sambil mencoba meningkatkan produk yang berkinerja buruk. Ini bisa
dalam hal strategi pemasaran, kualitas produk atau bahkan membuka segmen pasar
baru untuk produk yang kurang “berperforma” ini.

Pemilihan produk harus
memungkinkan pelanggan untuk lebih fokus pada segmen produk tertentu. Jangan
lupa untuk menggunakan momen ini untuk mendapatkan feedback dari pelanggan
tentang produk yang sudah ada atau yang belum ada. Dapatkan data yang valid dan
maksimalkan untuk pengembangan produk.

Perluasan Pasar dengan Produk
atau Branding Baru

Produk yang dikeluarkan dari
peredaran dapat diproses sedemikian rupa sehingga pasar atau segmen baru dapat
dibuka untuk perusahaan Anda. Tidak selalu karena kualitasnya buruk, produk
tidak bisa muncul begitu saja karena harus bersaing di segmen pasar yang tidak
sesuai.

Pantau produk pesaing dan
pastikan Anda menawarkan produk Anda dengan lebih kompetitif. Produk yang
digambar di poin pertama bisa menjadi senjata Anda di segmen pasar yang
berbeda, namun tentunya tetap memperhatikan kualitas produk yang Anda jual.

Perluasan pasar juga dapat
dilakukan melalui branding yang baru dan segar pada produk yang sudah ada untuk
memberikan citra baru yang dapat menarik perhatian calon konsumen. Sekali lagi,
metode ini harus didasarkan pada data yang kuat agar upaya penjualan online
tetap memiliki basis implementasi yang kuat.

Maksimalkan Sisi Operasional

Peningkatan pendapatan penjualan
online juga dapat dipengaruhi oleh pengalaman pelanggan Anda dalam
menyelesaikan transaksi. Layanan pelanggan berorientasi solusi yang menawarkan
jawaban cepat, deskripsi produk yang jelas, dan foto produk yang menarik dapat
meningkatkan pengalaman pelanggan saat berbelanja produk Anda.

Untuk itu diperlukan pembenahan
dari sisi internal guna memaksimalkan kualitas operasional. Tanpa pengembangan
produk, pengalaman pelanggan langsung sangat perlu menjadi yang terbaik
sehingga apa yang berkesan tentang produk Anda dapat mendukung pembelian
berulang.

Pengalaman pelanggan yang baik
atau customer experience secara tidak langsung dapat mendukung proses branding
dan segmen pasar yang loyal. hubungan yang harmonis dengan pelanggan akan
menjadi kunci poin ketiga ini.

Berikan Promo dan Benefit

Di luar nilai yang sudah dimiliki
produk Anda, jangan ragu untuk menawarkan manfaat atau promosi untuk menarik
pelanggan. Saat berbelanja online, pelanggan atau calon pelanggan lebih
tertarik pada produk yang menawarkan promosi dan keuntungan pada saat
pembelian.

Tindakan tersebut dapat dilakukan
dengan diskon, memberikan produk lain dengan menambahkan pembelian tertentu,
atau dengan freebie yang sedang tren saat ini. Tentunya hal ini harus
diperhatikan dengan matang agar tidak merusak bisnis Anda.

Saat menjalankan promosi atau
penawaran khusus, jangan lupa untuk memaksimalkan unggahan di media sosial atau
dengan menggunakan iklan. Sehingga jangkauan informasi terkait iklan produk
dapat lebih luas dan diketahui banyak orang.

Lakukan perhitungan di sini juga
agar aktivitas pemasaran ini dapat memiliki ROI di atas rata-rata pada
penjualan online.

Pada akhirnya, penjualan online
membutuhkan aktivitas pemasaran yang tidak serumit penjualan tradisional. Oleh
karena itu, berbicara dengan tim internal, berkonsultasi dengan tim ahli, atau
melakukan penelitian mendalam akan sangat membantu dalam meningkatkan
pendapatan tersebut.