Pengatur Aplikasi Penjadwalan Karyawan dan Mengatur Jadwal Shift Dengan Mudah

Aplikasi Penjadwalan Karyawan  – Dalam suatu perusahaan tentu terdapat karyawan, apalagi jika perusahaan besar maka karyawannya juga banyak. Setiap karyawan diberi jadwal kerja masing-masing agar dapat bekerja dengan ideal untuk mencapai aspek-aspek dan bisnis mencapai efisiensi yang lebih baik. Membuat pengaturan jadwal shift karyawan sangatlah tidak mudah cukup menyita waktu. Maka dari itu, di dalam perusahaan pasti ada orang untuk mengelola penjadwalan karyawan. 

Jika dikerjakan secara manual tentunya akan kewalahan dan tidak teratur. Kecanggihan teknologi saat ini sangat mendukung dalam mengatur jadwal karyawan. Salah satunya dengan menggunakan aplikasi yang mendukung dan langsung bisa dihubungkan dengan software manajemen yang dipakai. Oleh sebab itu, Anda harus menyimak artikel ini karena akan memberikan informasi mengenai Pengatur Aplikasi Penjadwalan Karyawan dan Mengatur Jadwal Shift  dibawah ini. 

  • Google Calendar 

Aplikasi yang pertama ada dari Google Calendar  yang mampu digunakan untuk planning jadwal karyawan Anda. Dalam aplikasi ini bisa menghubungkan Google Calendar dengan software Google lainnya.

  • Talenta by Mekari 

Aplikasi Penjadwalan Karyawan yang kedua ada dari Talenta by Mekari yang merupakan software payroll dan HRIS berbasis cloud untuk manajemen sumber daya manusia. Di dalam Talenta by Mekari ini terdapat beberapa fitur diantaranya : 

  • Dashboard : Halaman ini menampilkan berbagai informasi penting yang umumnya perlu dipantau setiap hari.
  • Employee : Fitur ini digunakan untuk mengelola seluruh informasi karyawan sebagai database perusahaan yakni informasi pribadi karyawan, informasi kepegawaian, informasi payroll, dan meliputi aktivitas penambahan karyawan, impor data karyawan dan sebagainya.
  • Time Management : Untuk mengelola seluruh pengaturan waktu, yang terdiri dari : jadwal kerja, kehadiran, cuti, timesheet yang berlaku dalam perusahaan.
  • Finance : Digunakan untuk mengelola kebijakan reimbursement, cash advance, dan loan yang berlaku dalam perusahaaan.
  • Payroll : Digunakan untuk mengelola seluruh perhitungan payroll bagi semua karyawan dalam perusahaan.
  • Mekari Flex : Digunakan untuk mengelola fitur mekari benefit seperti pembelian pulsa, internet, top up Ovo dan yang lainnya.
  • Company : Digunakan untuk mengelola seluruh data administrasi perusahaan Anda. 
  • Message : Digunakan untuk mengelola pesan yang diterima, pengajuan yang harus disetujui dan notifikasi lainnya dari sistem.
  • Settings : Digunakan untuk melakukan berbagai pengaturan untuk mengoperasikan sistem Talenta, seperti pengaturan akun perusahaan, ketentuan waktu, kehadiran penggajian, pengguna, integrasi dan sebagainya. 
  • Trello 

Aplikasi Penjadwalan Karyawan yang ketiga ada Trello merupakan aplikasi manajemen tugas. Aplikasi Trello memiliki fungsi untuk mengetahui tanggung jawab atau tugas dari setiap tim. Membantu proses delegasi tugas ke setiap anggota tim. Mengatur serta mengingatkan soal deadline setiap tugas ke seluruh anggota tim. Di dalam aplikasi Trello memiliki fitur sebagai berikut : 

  • Boards : Di fitur ini akan digunakan untuk melihat apa yang sedang Anda kerjakan mengenai informasi lengkap soal pekerjaan, tugas, atau proyek ada di dalam board.
  • Lists : Di fitur ini akan disediakan kotak-kotak yang diberi nama sesuai tugas apa saja yang Anda kerjakan. Ini akan memudahkan dan membantu sejauh mana tugas yang sedang dikerjakan.
  • Cards : Fitur ini diibaratkan seperti sticky notes yang tersedia di boards. Dalam cards bisa diisi dengan tugas hingga dokumen atau data yang dibutuhkan untuk menyelesaikannya.
  • Menu : Di dalam fitur ini terdapat serangkaian keterangan dan pengaturan soal tugas-tugas yang sudah diberikan. 


  • Remember The Milk 

Aplikasi keempat ini dari Remember The Milk sungguh nama yang unik. Aplikasi ini cukup kompatibel dengan ponsel, komputer, gmail, outlook dan yang lainnya. Sangat cocok untuk Anda mengatur jadwal karyawan. 

 

  • Shift 

Aplikasi yang kelima ini dari Shift yang dirilis sejak tahun 2015. Anda bisa masuk ke halaman kalender bulanan untuk mengatur jadwal Anda bisa tekan tombol “create shift type” lalu masukan detail informasi karyawan. Mulai dari nama shift, jam kerja serta selesai kerja sampai ikon dan juga upah per jam yang mungkin saja Anda perlukan. Setelah selesai tinggal klik “Done” di bagian kiri atas layar.

 

  • Evernote

Aplikasi Penjadwalan Karyawan selanjutnya ada dari Evernote yang memungkinkan penggunanya membuat catatan/notes, menyimpan ide-ide, mengumpulkan artikel yang ditemukan saat browsing. Tidak hanya itu, Evernote bisa dijadikan untuk mengatur jadwal shift karyawan.

Cara untuk mengatur jadwal shift dengan mudah sebagai berikut : 

  • Pelajari Peraturan Perundang-undangan : Regulasi jam kerja karyawan menurut Pemerintah yang tertera jelas pada UU Ketenagakerjaan yaitu maksimal jam kerja adalah 8 jam sehari atau 40 jam dalam seminggu.
  • Bagi Karyawan dalam Kelompok : Kelompok shift ini akan memudahkan Anda mengatur jadwal kerja shift karyawan baru. Sistem bagi kelompok ini jika bisnis beroperasi selama 24 jam.
  • Shift Kerja Rolling : Jadwal shift rolling ini lebih baik tidak permanen, minimal seminggu sekali karyawan berganti jadwal shift agar dapat meningkatkan produktivitas dan kepuasan karyawan saat bekerja.
  • Gunakan Aplikasi Penjadwalan Karyawan : Aplikasi ini berbasis online untuk membantu mengatur jam kerja shift karyawan dengan mudah.